Sakit adalah sesuatu yang tidak terelakkan dalam kehidupan seorang muslim, musibah itu bisa menimpa siapa saja tidak mengenal usia maupun jenis kelamin. Karena memang kehidupan manusia berputar antara masa sehat dan masa sakit. Rasulullah ﷺ jauh-jauh hari sudah mengingatkan umatnya agar menggunakan masa sehat sebelum datangnya masa sakit, agar benar-benar maksimal dalam beramal.

Dari Ibnu Abbas radiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi ﷺ bersabda,”Manfaatkanlah lima hal sebelum datangnya lima hal. Manfaatkan masa mudamu sebelum datangnya masa tuamu, masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, dan waktu luangmu sebelum waktu sibukmu, dan manfaatkan kehidupanmu sebelum datangnya kematianmu.” (HR Hakim dalam al-Mustadrak, dinilai shahih oleh Al-Albaniy dalam Shahihut Targhib wa Tarhib no. 3355)

Ketika musibah sakit itu menimpa Anda, maka jangan terburu-buru menyalahkan takdir. Namun ada beberapa hal yang selayaknya dilakukan oleh seorang hamba ketika diuji dengan penyakit dalam hidupnya. Inilah nasehat untuk orang sakit yang semoga menjadi bingkisan terindah saat merasakan takdir dari Allah itu.

Segera Untuk Bertaubat Nasuha

Penyakit yang menimpa seorang muslim merupakan ujian dari Allah Ta’ala, dan terkadang itu menjadi akibat dari perbuatan dosa yang telah dilakukannya. Allah Ta’ala berfirman:
“Dan apa saja musibah yang menimpamu maka disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar dari kesalahan-kesalahanmu.” (QS Asy-Syuuro : 30)

Oleh karena itu, salah nasehat untuk orang sakit adalah bersegera untuk taubat nasuha, minta ampun kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan di masa lalu. Kemudian perbanyak melakukan amalan sholeh seperti bersedekah, menyantuni anak yatim, berwakaf untuk kepentingan kaum muslimin, dan amalan yang lainnya.

Baca juga : Keutamaan Tauhid Untuk Seorang Muslim

Berusaha Berbaik Sangka Kepada Allah

Tatkala sakit menimpa, seringkali seorang hamba berpikiran negatif dan berburuk sangka kepada Allah Ta’ala. Dia mengira bahwa rasa sakit yang dideritanya karena Allah sudah tidak peduli dan sayang kepadanya sehingga dia marah kepada Allah dan mempertanyakan mengapa berat sekali musibah yang menimpanya.

Padahal Allah Ta’ala tidak menurunkan ujian yang melebihi batas kemampuan hambaNya, dan berbahagialah orang-orang yang dapat bersabar ketika diuji dengan penyakit. Allah Ta’ala berfirman;

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS Al-Baqarah : 155)

Imam Al-Baghowi menyatakan bahwa yang dimaksud dengan cobaan pada jiwa adalah dengan pembunuhan, kematian, sakit, maupun masa tua. (Tafsir Al-Baghowy 1/169)

Oleh karena itu saudaraku muslim, tatkala Anda tertimpa penyakit berbaik sangkalah kepada Allah dan bersabar. Semoga Allah memberikan kabar gembira berupa kesembuhan kepada Anda.

Meminta Kehalalan Dari Kezaliman

Ketika kita pernah berbuat kedzaliman kepada orang lain di masa lalu, mintalah maaf dan kehalalan atas perbuatan buruk yang telah diperbuat kepadanya, juga kembalikanlah hak yang telah diambil darinya, dan amanah yang belum ditunaikan.

Memperbanyak Dzikir & Berharap Pahala atas Sakitnya

Saat sedang sakit perbanyaklah berdzikir menyebut nama Allah, memuji dan menyanjungNya. Kemudian iringi dengan membaca Al-Qur’an dan banyak memohon ampun (istighfar) kepada Allah.

Kemudian, banyak yang lupa untuk mengharap pahala dari Allah ketika diuji dengan sakit, padahal rasa sakit yang menimpanya dapat mendatangkan pahala dan menghapus dosa-dosanya.

Rasulullah ﷺ bersabda,”Tidaklah seorang mukmin ditimpa dengan kesedihan, kegalauan, kepayahan, dan penyakit sampai-sampai duri yang mengenai kakinya kecuali Allah akan angkat derajatnya dan menghapuskan dosa-dosanya.” (HR Muttafaqun ‘alaihi)

Bertawakkal Kepada Allah

Nasehat untuk orang sakit yang terakhir adalah bertawakal kepada Allah dan yakin bahwa kesembuhan hanya ada di tangan Allah ‘Azza wa Jalla. Bersamaan dengan itu tetaplah berusaha untuk berobat dengan cara yang syar’i agar segera diangkat penyakitnya.

Inilah beberapa nasehat untuk orang sakit, semoga kesabaran selalu menyertai dan tetaplah berbaik sangka kepada Allah Tabaraka wa Ta’ala. Agar sakit yang diderita mendatangkan pahala dan penggugur dosa-dosa.

 

Mau artikel ini dalam bentuk dokumen ?
Silahkan download disini