Dimana tempat meet up terbaik yang sobat ketahui? Sebagian ada yang menjawab di cafe, di alam terbuka, atau di tempat nongkrong favorit. Berbagai jawaban itu gak ada yang salah. Karena tidak semua tempat itu membuat semua orang nyaman berkumpul di situ. Ada yang suka suasana tenang. Ada juga yang suka suasana terbuka, maka alam terbuka seperti pegunungan, pantai jadi pilihan.

Namun semua tempat yang udah disebutkan tadi, gak bisa menandingi telaganya nabi Muhammad shallallahu’alaihi wasallam di Padang Mahsyar nanti. Disitulah tempat meet up terbaik dan sudah seharusnya menjadi planning kita untuk meet up di sana.

Telaga Nabi, Tempat Meet Up Terbaik

Saat semua manusia dari awal diciptakan sampai generasi yang menjumpai hari kiamat dikumpulkan di sana. Keadaan pada waktu itu sangat mencekam. Mengerikan sekali. Semua manusia dibangkitkan dalam keadaan telanjang dan tidak beralas kaki. Matahari hanya berjarak satu mil di atas kepala. Setiap orang berkeringat. Sampai-sampai ada yang keringatnya menenggelamkan dirinya. Rasa haus yang amat sangat tidak bisa ditahan lagi. Di padang mahsyar itulah terletak telaga nabi. Hanya bisa didatangi oleh orang-orang yang mukmin saja. Keberadaan telaga nabi dijelaskan dalam hadits-hadits berikut :

Dari Sahl bin Sa’ad Radiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;”Aku menunggu kalian di telaga. Barangsiapa yang mendatanginya akan minum darinya, dan siapa saja yang meminumnya tidak akan haus selama-lamanya.” (HR Bukhari no. 7050 dan Muslim no. 2290)

Dalam hadits yang lain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,”Sesungguhnya setiap Nabi memiliki telaga (pada hari kiamat nanti), dan mereka saling membanggakan siapa di antara mereka yang paling banyak orang yang mendatangi telaganya (dan umatnya). Sungguh aku berharap (kepada Allah Ta’ala) bahwa akulah yang paling banyak orang yang mendatangi (telagaku).” (HR Tirmidzi no 2443 dan ath-Thabarani dalam al-Mu’jamul Kabir no. 6881 dinilai hasan oleh Syaikh al-Bani)

Hadits-hadits yang menceritakan keberadaan dan kebenaran telaga nabi banyak sekali. Ibnul Qoyyim rahimahullah mengatakan,”Hadits-hadits tentang telaga ini diriwayatkan oleh empat puluh sahabat nabi, kebanyakannya dalam kitab-kitab shahih.”

Banyaknya periwayatan dari para sahabat menunjukkan bahwa telaga itu benar-benar ada dan nyata di hari akhir nanti. Karena ada beberapa kelompok yang mengingkari keberadaan telaga nabi.  

Gambaran Telaga Nabi

Untuk melengkapi gambaran kita tentang telaga nabi. Mengapa kita harus meet up di sana sih sobat. Simak hadits yang berasal dari Abdullah bin Amr, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda;

Telagaku luasnya sepanjang perjalanan sebulan, airnya lebih putih dibanding susu. Aromanya lebih wangi dibanding minyak misik, gayungnya sebanyak bintang-bintang yang bertebaran di langit. Siapa saja yang meminum darinya tidak akan merasa haus selama-lamanya.” (HR Bukhari no. 6579 dan Muslim no. 2292)

Dari Abu Dza radiyallahu ‘anhu secara marfu’,”Airnya lebih putih dibanding susu dan manisnya lebih dari madu.” (HR Muslim no. 2300)

Dapat disimpulkan kalau gambaran telaga nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam pada hari kiamat nanti sebagai berikut :

  • Luasnya sepanjang perjalanan satu bulan penuh dengan kendaraan pada zaman nabi.
  • Warna airnya lebih putih dibanding susu dan lebih putih dari perak.
  • Rasa airnya lebih manis dibanding madu, siapa saja yang meminum darinya tidak akan merasa haus selama-lamanya.
  • Aromanya lebih enak dibandingkan misik.
  • Gayung yang digunakan untuk mengambil air lebih banyak daripada bintang-bintang yang bertebaran di langit

Orang yang Terhalang Meet Up di Telaga Nabi

Walaupun telaga nabi dikhususkan umatnya akan tetapi akan ada orang-orang yang terlarang untuk mendekatinya, bahkan di usir dari telaga. Padahal mereka adalah umatnya nabi Muhammad,  namun mereka diusir karena kesalahan yang mereka buat sendiri.

Dari Abu Mulaikah radiyallahu ‘anhu dari Asma’ radiyallahu ‘anha, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,”Aku berada di telaga sampai aku melihat siapa yang datang kepadaku di antara kalian. Akan ada manusia yang diusir sebelum sampai kepadaku. Ya Rabbi mereka adalah umatku… dikatakan kepadaku,”Apakah engkau tahu apa yang mereka lakukan sepeninggalmu? Demi Allah, mereka telah murtad dari agamanya,” (HR Bukhari no. 6593)

Ibnu Abi Mulaikah mengatakan,”Ya allah jangan engkau biarkan kami kembali murtad atau engkau timpakan fitnah atas agama kami.”

Imam Qurthubi rahimahullah berkata,”Para ulama mengatakan, setiap orang yang murtad dari agama Allah, atau membuat perkara baru yang tidak diridhai oleh Allah, dan tidak diizinkan oleh Allah, merekalah orang-orang yang akan terusir dari telaga nabi. Yang paling keras diusir adalah mereka yang menyelisihi jama’ah kaum muslimin dan menyelisihi jalan mereka, seperti kaum khowarij beserta turunannya, kaum rafidhah dengan tingkatan kesesatannya… begitu juga orang-orang yang dzalim dan melampui batas dalam kedzalimannya. Orang-orang yang menumpas kebenaran dan orang-orang yang memperjuangkannya. Orang-orang yang dilaknat karena melakukan dosa besar dan menganggap enteng maksiat.” (at-Tadzkirah hal. 306)

Jadi orang-orang yang terhalang dari telaga nabi adalah : orang yang murtad dari Islam, orang yang membuat perkara baru yang tidak ada tuntunannya dari Rasulullah, dan orang-orang yang berbuat dosa besar.

Sebagai penutup sobat, jangan sampai kita melakukan amalan yang malah membuat kita terusir dari telaga nabi. Semoga kita termasuk orang-orang yang diberikan kemudahan untuk meet up dan berkumpul di telaga nabi pada hari kiamat kelak. Aamiin

 

Mau artikel ini dalam bentuk dokumen ?

Silahkan download disini